Senin, 22 Mei 2017

Resep Kue Kering Lidah Kucing Renyah dan Gurih




Resep Kue Kering Lidah Kucing Renyah dan Gurih






Kue kering lidah kucing merupakan jenis kue kering yang memiliki bentuk seperti lidah kucing. Bentuknya panjang serta tipis. Kue kering lidah kucing berasal dari Belanda. Rasa kue enak, renyah serta gurih. Berdasarkan sejarah kue kering lidah kucing masuk ke Indonesia bersamaan dengan zaman penjajahan belanda. Seiring perkembangan zaman, kue kering lidah kucing banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia terutama untuk sajian khas hari raya. Resep kue kering lidah kucing cukup dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Tidak hanya itu saja, kue kering lidah kucing juga banyak disukai oleh orang Indonesia karena rasanya yang enak. Kue kering lidah kucing banyak disukai tidak hanya karena rasa kue yang enak. Tekstur kue yang tipis serta renyah membuat kue kering yang satu ini cukup banyak diminati. Bentuk kue yang sederhana juga membuat kue menjadi jenis kue yang cocok dijadikan sebagai cemilan.


Untuk membuat kue kering lidah kucing tidak sulit untuk dilakukan. Namun dalam mengolah resep kue kering lidah kucing perlu ada kehati-hatian jika tidak kue akan gagal. Bentuknya yang tipis membuat kue lebih mudah cepat kering. Ketika membuat adonan juga perlu ketelitian agar komposisi bahan yang digunakan tepat dan membuat rasa enak pada kue. Sementara nama asli kue kering lidah kucing yang berasal dari Belanda yaitu Katte Tong. Resep dari kue kering lidah kucing juga dapat dipadukan dengan bahan seperti susu.

Penggunaan susu pada kue kering lidah kucing dapat membuat kue menjadi makanan yang lebih lezat dan memiliki kandungan nutrisi yang baik. Kue kering, termasuk kue lidah kucing sudah menjadi sajian pokok untuk tamu yang datang ke rumah. Tidak hanya untuk sajian, kue kering lidah kucing juga cocok dimakan ketika berkumpul bersama keluarga maupun bersama teman. Kue kering lidah kucing, meski memiliki rasa kue yang renyah namun jika sudah di mulut kue akan terasa lembut. Kue kering lidah kucing menjadi makanan yang tepat sebagai makanan ringan untuk kegiatan bersantai, menonton tv atau kegiatan lainnya.
Bahan dan Resep Kue Kering Lidah Kucing

Kue kering lidah kucing juga termasuk pada jenis kue kering yang dapat dengan mudah dibuat sendiri di rumah. Sementara bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue kering lidah kucing juga mudah ditemukan. Bahan-bahan tersebut dapat ditemukan di supermarket atau tempat belanja lainnya. Bahan yang perlu disiapkan jika ingin membuat resep kue kering lidah kucing sendiri diantaranya yaitu:

    Telur ayam yang diambil bagian putihnya sebanyak 6 butir
    Keju parut sebanyak 250 gram keju cheddar
    Susu bubuk dengan jenis full cream sebanyak 75 gram
    Tepung maizena sebanyak 100 gram
    Gula pasir halus sebanyak 175 gram
    Tepung terigu sebanyak 250 gram
    Mentega sebanyak 300 gram.

Cara membuat resep kue kering lidah kucing diantaranya yaitu:

    Mengocok beberapa bahan seperti mentega dan gula hingga bahan tercampur dengan sempurna. Mentega dan gula juga akan membentuk adonan kue yang lembut.
    Setelah adonan sudah lembut, putih telut kemudian dimasukan satu persatu ke dalam adonan dan diaduk hingga merata. Jika adonan sudah benar-benar merata akan terlihat buih pada adonan.
    Susu bubuk, tepung maizena serta tepung terigu kemudian dimasukan sambil adonan diaduk secara perlahan hingga rata sempurna. Keju yang telah diparut kemudian dimasukan ke dalam adonan. Keju yang dimasukan ke dalam adonan yaitu sekitar 175 gram.
    Setelah keju dimasukkan ke dalam adonan, adonan kemudian diaduk hingga merata.
    Adonan dari resep kue kering lidah kucing yang telah selesai kemudian dibentuk dengan cara dimasukan dalam paping bag.
    Adonan kemudian dicetak di atas loyang dengan bentuk lidah kucing. Pembentukan kue kering lidah kucing pada loyang sebaiknya diberi sedikit jarak.
    Setelah kue sudah dibentuk dengan sempurna, keju parut kemudian di tabur di atas kue hingga merata.
    Langkah selanjutnya yang dilakukan yaitu dengan memasukkan kue kering lidah kucing ke dalam oven. Waktu pemanggangan kurang lebih 20 menit dengan suhu sekitar 150 derajat celcius.
    Jika kue kering lidah kucing sudah matang, selanjutnya yang perlu dilakukan yaitu mengangkat kue kering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar