Rabu, 31 Mei 2017

Resep Pancake



Resep Pancake


Pancake mulai dikenal masyarakat Eropa sekitar tahun 1430an, namun sebenarnya makanan itu sudah ada sejak jaman Romawi kuno. Seiring perkembangan jaman, pancake sudah menjadi salah satu menu sarapan yang mendunia, meski di Indonesia belum manjadi sesuatu yang lazim. Ada berbagai gaya penyajian resep pancake. Dari mulai penggunaan topping, misalnya di Inggris lebih lazim disajikan dengan sirup gula tebu dan butter, di Belanda dengan potongan buah dan keju, di Perancis yang terkenal dengan pancake tipisnya alias crepes, hingga gaya Amerika yang memasukkan baking powder dalam adonan pancake, sehingga pancake Amerika lebih mengembang.


Agar pancake yang anda hasilkan terasa lembut, kocok kuning telur terpisah dari tepung, lalu baru dicampurkan. Putih telur dikocok hingga mengembang dan dicampurkan terakhir ke dalam adonan tepung dan kuning telur. Penggunaan susu juga bisa mempengaruhi kelembutan pancake. Jika anda menginginkan pancake yang lembut, anda harus mengurangi penggunaan susu dalam resep pancake ini. Namun sebaliknya, jika anda menyukai pancake yang lebih padat, anda bisa menambahkan sedikit susu pada resep.
Bahan-bahan

    100 gr bubuk cokelat
    2 sdm mentega
    300 gr tepung terigu serba guna
    1 sdt vanila
    2 sdt baking powder
    ½ sdt garam
    1 sdt gula halus
    1 butir telur
    3 sdm sirup cokelat
    Whipped cream

Cara membuat

    Larutkan cokelat bubuk bersama mentega hingga tercampur rata. Biarkan dingin, masukkan vanilla dan cokelat dingin, lalu masukkan telur dan kocok hingga rata.
    Dalam mangkok terpisah, campur tepung, garam, gula, baking powder. Aduk hingga rata.
    Masukkan adonan cair ke dalam campuran tepung, dan aduk rata.
    Panaskan wajan pancake, olesi dengan sedikit minyak goreng. Tuang 1 sendok sayur adonan dan biarkan matang, kurang lebih 2 menit untuk setiap sisinya. Lakukan hingga adonan habis.
    Di atas piring saji, tumpuk pancake dan hias dengan whipped cream.

Kami menyajikan resep pancake bagi anda agar menu sarapan keluarga anda makin bervariasi. Jika menyajikan pancake di hari kerja dirasa cukup menyita waktu, anda bisa menyajikannya di akhir pekan. Sarapan pancake di hari minggu pagi bersama keluarga, akan membuat hari libur anda terasa spesial. Selamat mencoba resep pancake.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar