Senin, 22 Mei 2017

Resep Kue Lumpang Yang Lezat Tradisional Khas Palembang



Resep Kue Lumpang Yang Lezat Tradisional Khas Palembang





Kue lumpang merupakan salah satu jenis kue tradisional yang dimiliki oleh Indonesia. Dari beragam jenis kue tradisional, kue lumpang termasuk pada jenis kue yang lezat. Resep kue lumpang juga dapat diperoleh dengan mudah karena merupakan jenis kue yang populer di Indonesia. Kue lumpang merupakan jenis kue tradisional yang berasal dari Kota Palembang. Kue lumpang termasuk pada jenis kue basah dengan rasa yang lezat. Sebagai salah satu jenis kue populer, kue lumpang cukup mudah ditemukan. Banyak toko kue yang menjual kue lumpang, sehingga kue lumpang dapat dinikmati dimana saja. Kue lumpang memiliki tekstur kue yang empuk serta lembut. Rasa kue lumpang manis sehingga menjadi kue yang cocok untuk dimakan sebagai cemilan. Kue lumpang merupakan jenis kue yang banyak diminati dan cocok dijadikan sebagai makanan ringan pendamping kopi untuk dimakan pada pagi hari. Tekstur kue yang lembut serta rasanya yang manis membuat kue lumpang benar-benar enak untuk dinikmati.


Meski menjadi kue yang cukup mudah untuk didapatkan, untuk membuat kue lumpang sendiri membutuhkan ketelitian yang cukup tinggi untuk menghasilkan kue dengan hasil yang maksimal. Rasa gurih dari kue lumpang dihasilkan dari taburan kelapa parut di atas kue dengan campuran garam dan dikukus terlebih dahulu. Selain dapat menjadi pendamping sarapan, kue lumpang juga dapat menjadi cemilan pada siang hari. Sebagai makanan khas Palembang, kue lumpang dapat menjadi kue yang disajikan untuk keluarga. Resep kue lumpang sendiri menggunakan dua jenis bahan pemanis. Kue lumpang yang menggunakan gula pasir dan kue lumpang yang dibuat menggunakan gula merah.

Sementara dari segi bentuk, kue lumpang memiliki bentuk cekung. Bentuk cekung pada kue lumpang berada di bagian atas untuk tempat taburan parut yang dicampur dengan garam untuk penambah rasa gurih. Kue lumpang juga memiliki bentuk yang cukup praktis yang cocok sebagai cemilan. Selain memiliki bentuk dan rasa yang menarik, kue lumpang juga memiliki kandung nutrisi yang baik untuk tubuh.
Bahan yang Dibutuhkan untuk Resep Kue Lumpang

Kue lumpang tergolong sebagai kue yang mudah untuk dibuat. Bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan kue lumpang juga mudah ditemukan. Bahan yang digunakan untuk resep kue lumpang diantaranya yaitu :

Advertisement

    Tepung beras sebanyak 100 gram
    Tepung kanji satu sendok teh
    Gula pasir atau gula merah sebanyak 86 gram
    Santan kelapa sebanyak 200 mililiter
    Pasta pandan secukupnya
    Minyak goreng secukupnya
    Garam secukupnya
    Sementara bahan tambahan yang digunakan untuk menambah rasa gurih kue lumpang diantaranya yaitu:
    Taburan kelapa parut secukupnya
    Garam secukupnya
    Taburan kelapa parut serta garam nantinya dijadikan satu dan dibuat untuk taburan di atas kue lumpang.

Setelah mendapat semua bahan yang digunakan untuk membuat kue lumpang. Resep kue lumpang selanjutnya dalam membuat kue lumpang sendiri di rumah yaitu cara membuat kue lumpang. Berikut Cara mudah dalam membuat kue lumpang diantaranya yaitu:

    Mencampur semua bahan utama seperti tepung beras, gula pasir, tepung kanji dan garam secukupnya untuk membuat adonan kue.
    Semua bahan tersebut kemudian dimasukan dalam satu wadah dan diaduk secara perlahan hingga tercampur rata.
    Setelah bahan tersebut tercampur dengan rata, maka selanjutnya santan ditambahkan sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan yang rata.
    Pasta pandan dimasukan juga ke dalam adonan hingga rata.
    Setelah adonan selesai dibuat maka selanjutnya yang dilakukan yaitu mencetak adonan agar memiliki bentuk seperti kue lumpang.
    Sebelum mencetak kue lumpang, cetakan kue sebaiknya diolesi dengan minyak goreng terlebih dahulu. Jumlah minyak goreng yang digunakan untuk mengolesi cetakan kue secukupnya.
    Setelah cetakan kue diolesi dengan minyak goreng, adonan kemudian dituang ke dalam cetakan. Langkah selanjutnya yaitu dengan mengukus adonan kue lumpang hingga benar-benar matang.
    Waktu yang digunakan untuk mengukus kue lumpang yaitu kurang lebih 25 menit. Setelah kue lumpang matang, kue siap untuk diangkat dan diletakkan di atas piring saji.
    Untuk membuat taburan pada kue lumpang, kelapa parut dicampur dengan garam halus secukupnya dan diletakkan di atas cekungan kue lumpang. Taburan kelapa parut yang dicampur dengan garam halus merupakan bagian penting dari resep kue lumpang.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar