Senin, 22 Mei 2017

Resep Kue Sus Kering Cokelat Gurih dan Lezat


Resep Kue Sus Kering Cokelat Gurih dan Lezat

 

Kue memiliki jenis yang cukup beragam, salah satunya yaitu kue sus. Kue sus merupakan kue yang memiliki bentuk bundar berongga. Isi kue sus cukup beragam yaitu fla, daging atau pun custard. Kue sus juga cocok disajikan secara dingin. Adonan pada kue sus cukup berbeda dari adonan jenis kue lainnya seperti kue bolu ataupun cake. Jika kue pada umumnya dibuat dengan adonan yang berbahan telur dan gula. Resep kue sus kering yaitu mencampurkan tepung terigu dengan air yang dimasak bersamaan margarin hingga mendidih. Sementara telur dimasukan satu persatu ke dalam adonan hingga adonan tercampur dengan sempurna. Pemberian telur satu persatu bertujuan agar adonan tidak lengket di panci. Sementara bahan pengembang kue pada umumnya tidak digunakan di adonan kue sus. Kue sus juga sebaiknya dipanggang dengan suhu yang cukup tinggi.


Bentuk kue sus sekarang ini cukup banyak mengalami perkembangan. Salah satu bentuk kue sus yang cukup populer yaitu bentuk angsa. Sementara jenis dari kue sus tidak hanya kue sus kering namun kue sus basah. Sementara proses pemanggangan kue sus membutuhkan suhu yang tinggi karena untuk mengubah kadar air pada adonan menjadi uap. Uap ini yang nantinya akan membuat kue sus memiliki bagian yang berongga. Penggunaan telur pada kue sus tidak hanya sebagai bagian dari adonan, penggunaan telur juga untuk membentuk kerangka tipis pada kue sus. Resep kue sus kering pada adonan juga sama dengan resep adonan untuk kue seperti éclair, gougere, dan beignet. Kue sus kering bagi masyarakat Indonesia cocok digunakan untuk sajian pada hari raya.

Selain sebagai sajian pada hari raya, kue sus kering juga cocok disajikan untuk tamu. Kue sus kering juga cocok dijadikan makanan pendamping susu untuk sarapan. Rasa dari kue sus kering yaitu renyah serta gurih. Untuk dapat menikmati kue ini tidak sulit untuk dilakukan. Kue sus kering juga termasuk kue kering yang dapat dengan mudah dibuat sendiri di rumah.

Bahan yang Diperlukan untuk Resep Kue Sus Kering

Bahan yang digunakan untuk membuat kue sus kering juga tidak terlalu sulit. Ini karena bahan yang digunakan untuk membuat kue sus banyak tersedia di toko, pasar atau tempat berbelanja lainnya. Bahan yang dibutuhkan untuk resep kue sus kering diantaranya:

Advertisement

    Margarin sebanyak 100 gram
    Tepung terigu dengan berat 125 gram
    Air 250 mililiter.
    Garam setengah sendok teh
    Telur ayam 3 butir
    Baking powder satu sendok teh

Sementara bahan untuk isian dapat disesuaikan dengan keinginan. Seperti yang telah disebutkan sebelum, isian kue sus dapat berupa daging, vla, custard bahkan cokelat.

Untuk pembuatan kue sus kering dengan isian cokelat bahannya yaitu :

    White cokelat sebanyak 150 gram yang telah dibuat meleleh.
    Dark cokelat sebanyak 150 gram yang telah dibuat meleleh.

Cara membuat resep kue sus kering isi cokelat tahapannya yaitu:

    Merebus air bersamaan dengan margarin dan garam. Semua bahan tersebut diaduk secara perlahan hingga mendidih.
    Setelah bahan yang direbus mendidih, api kemudian dimatikan.
    Bahan kemudian ditambahkan dengan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga merata.
    Setelah bahan tercampur dengan rata, api kompor kembali dinyalakan untuk memasak bahan beberapa saat.
    Telur kemudian dimasukan satu persatu ke dalam adonan setelah adonan diangkat. Baking powder juga dimasukan ke dalam adonan sambil dikocok hingga rata.
    Setelah adonan pada resep kue sus kering merata, selanjutnya yaitu dengan membentuk adonan di atas loyang yang telah diolesi dengan margarin secukupnya.
    Adonan yang telah dibentuk kemudian dimasak di oven selama kurang lebih 20 menit pada suhu 200 derajat. Setelah 20 menit, suhu oven kemudian diturunkan menjadi suhu 150 derajat celcius selama 20 menit.
    Pembuatan resep kue sus kering cokelat selanjutnya yaitu dengan menusuk salah satu bagian kue sus menggunakan tusuk gigi. Pada bagian kue sus yang ditusuk, disemprotkan cokelat meleleh. Tahap selanjutnya yaitu dengan menunggu cokelat pada kue sus meleleh. Selain cokelat, isian kue sus juga dapat diganti dengan keju serta bahan lainnya.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar